Cara Mengatasi Kekurangan Metode Demonstrasi

4 min read Jun 30, 2024
Cara Mengatasi Kekurangan Metode Demonstrasi

Cara Mengatasi Kekurangan Metode Demonstrasi

Metode demonstrasi adalah salah satu metode pengajaran yang efektif dalam menyajikan materi pelajaran secara langsung dan konkrit. Namun, seperti halnya metode lainnya, metode demonstrasi juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kekurangan metode demonstrasi:

1. Keterampilan Guru yang Kurang

Salah satu kekurangan metode demonstrasi adalah keterampilan guru yang kurang. Jika guru tidak dapat melakukan demonstrasi dengan baik, maka siswa tidak akan dapat memahami materi pelajaran dengan baik pula. Oleh karena itu, guru harus meningkatkan keterampilan dan kemampuan dalam melakukan demonstrasi.

2. Keterbatasan Alat dan Bahan

Keterbatasan alat dan bahan juga dapat menjadi kekurangan metode demonstrasi. Jika guru tidak memiliki alat dan bahan yang cukup, maka demonstrasi tidak dapat dilakukan dengan baik. Oleh karena itu, guru harus mencari alternatif lain untuk mengatasi keterbatasan alat dan bahan.

3. Siswa yang Tidak Aktif

Metode demonstrasi dapat membuat siswa menjadi pasif dan tidak aktif. Oleh karena itu, guru harus membuat siswa agar tetap aktif dan terlibat dalam proses demonstrasi. Caranya adalah dengan memberikan tugas atau pertanyaan kepada siswa sebelum atau sesudah demonstrasi.

4. Waktu yang Tidak Cukup

Metode demonstrasi memerlukan waktu yang cukup panjang. Jika waktu tidak cukup, maka demonstrasi tidak dapat dilakukan dengan baik. Oleh karena itu, guru harus membuat rencana yang baik dan mengatur waktu dengan efektif.

5. Keterbatasan Ruang

Keterbatasan ruang juga dapat menjadi kekurangan metode demonstrasi. Jika ruang tidak cukup, maka demonstrasi tidak dapat dilakukan dengan baik. Oleh karena itu, guru harus mencari alternatif lain untuk mengatasi keterbatasan ruang.

Cara Mengatasi Kekurangan Metode Demonstrasi

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kekurangan metode demonstrasi:

  • Meningkatkan keterampilan guru: Guru harus meningkatkan keterampilan dan kemampuan dalam melakukan demonstrasi.
  • Menggunakan alternatif lain: Guru harus mencari alternatif lain untuk mengatasi keterbatasan alat dan bahan, serta keterbatasan ruang.
  • Mengaktifkan siswa: Guru harus membuat siswa agar tetap aktif dan terlibat dalam proses demonstrasi.
  • Mengatur waktu dengan efektif: Guru harus membuat rencana yang baik dan mengatur waktu dengan efektif agar demonstrasi dapat dilakukan dengan baik.
  • Menyajikan materi yang sesuai: Guru harus menyajikan materi yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kondisi kelas.

Dengan demikian, kekurangan metode demonstrasi dapat diatasi dan proses pengajaran dapat berjalan dengan lebih efektif.